OSKM ITB 2015

SALAM GANESHA!
BAKTI KAMI UNTUKMU,
TUHAN,
BANGSA,
DAN ALMAMATER!
MERDEKA!

Ospek?
check

lusa udah kuliah uhuhuhu

eh beneran loh, ga kerasa sama sekalii
tau2 udah kuliah aja nih saya hahaha

oke, jadi gini
kemaren tuh aku baru aja menyelesaikan ospek di Kampus Ganesha tercinta
eitss
ini bukan ospek sembarang ospek
namanya adalaaah
OSKM 2015

selain namanya yang beda dari ospek2 lainnya, kegiatannya juga bedaaaa banget

di OSKM ini aku ngerasa beruntuuung banget
Kenapa?
soalnya di sini aku ketemu sama berbagai orang yang luar biasa
kelompoknya rame banget lagii
sama sekali nggak zonk

sebelum OSKM kita emang udah sempet kumpul2 gitu buat bikin yelyel dan lainlain, jadi pas OSKM kita udah deket semua.
ngga, aku gaakan ngeshare gimana OSKM di Kampus Ganesha ini.
maaf ya hehe
mungkin kalo mau liat keseruannya bisa liat aja di instagramnya @oskmitb2015

terus aku mau share apa? (spoiler OSKM ada di bagian bawah postingan ini)

Oke, sebenernya yang mau aku share adalah sebuah sesi sharing yang berjudul mmmm apa ya lupa...
pokonya inti dari sharing ini adalah mengemukakan permasalahan yang ada di daerah kita masing2 dan kita sama2 mencoba figure out jalan keluarnya.

Satu hal yang bikin saya tersentuh,
ternyata teman2 saya berkuliah di Institut Teknologi Bandung ini bukan buat nyari gaji gede.
luar biasa.

salah satu teman saya, dengan logat khas Yogyakarta, mengatakan bahwa ia masuk ke Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara karena ingin mengamalkan ilmunya di kota asalnya. ia ingin mengajarkan orang-orang di sana untuk membuka usaha bengkel sendiri, supaya dapat memenuhih kebutuhan hidup mereka

sungguh mulia

ada lagi teman kelompok saya yang lain. dia berasal dari Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan. Kenapa dia masuk ke fakultas itu?
dia geram melihat sebuah tambang minyak di kotanya yang dikuasai oleh perusahaan asing.
dia bercerita bahwa begitu banyak orang asing yang bekerja di perusahaan itu dan membandingkannya dengan pekerja pribumi di perusahaan itu

"tetangga saya saja tidak ada yang bekerja di perusahaan itu," ujarnya
 dia juga menceritakan bahwa orang2 yang tinggal di sekitar ring pertambangan tersebut memiliki risiko yang sangat besar. untuk jaminan, perusahaan itu memberi uang sebesar 500ribu/ bulan untuk warga yang tinggal di ring tersebut.
tapi kalian tau apa yang terjadi?

ring tersebut meledak

ya, katanya ring tersebut pernah meledak

dan apa yang Indonesia dapatkan?

HANYA 2,5 PERSEN DARI KEUNTUNGAN PERUSAHAAN TERSEBUT

anda geram?
saya juga

rakyat Indonesia seperti tikus yang mati di lumbung gandum.

ia ingin suatu hari nanti ia dapat menggeser orang2 asing itu

luar biasa. speechless.
saya tersentuh setengah mati

sebenarnya yang membuat saya tersentuh adalah bahwa orang2 dengan mimpi seperti itu adalah teman saya sendiri. saya sudah dapat membayangkan bahwa suatu hari nanti mereka akan menjadi orang2 besar yang mengubah wajah nusantara yang saat ini tercoreng oleh noda ketidakjujuran

saya ingin memiliki impian seperti mereka.
tapi selama ini saya tidak hidup untuk peka isu2 seperti itu.

apa yang bisa saya perbuat dengan ilmu yang akan segera saya miliki ini?

akhir kata, mengutip ucapan JF Kennedy
Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country

semoga menginspirasi!

xoxo





ps : tiap pulang OSKM, kalian akan happy waktu pulang. happy kenapa? rasakan sendiri!
image source : oskm

Komentar

  1. happy nya gimana mas? sadis sampe harus di rasakan sendiri haha

    BalasHapus
  2. Gaul

    yang kayak begitu tuh mahasiswa sejati
    Peran mahasiswa nya nancep : Agent of change, agent of stock, community control

    Jadi malu nih yg kuliah demi meraih cita-cita pribadi doang
    duh :/

    P.S.
    Selamat bergabung didunia nguli yaa ;)
    Siap-siap aja bentar lagi bakal ngadepin apa
    HA HA HA HA
    #Ketawasetan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer