Sebuah Tugas Batik Yang Rese

aloha semuanyaaaaa
lama banget nggak ngepost laaaah..
maap ya maap..

rada2 susah sih mau nulis sekarang2 ini.. susah nunggu moodnya..
beda sama dulu..

oh iya..
selamat hari batik, by the way..
*ucapan yang telat banget*



yak,
di postingan sebelumnya aku udah pernah cerita kan kalo aku dikasih tugas sama guru kesenian buatbikin desain batik..

desain batik itu dibuat dikain,
dan nge'batik'..

kita harus beli lilin buat nyanting,
beli canting,
beli kain,
dan beli pewarna..

di luar itu kita juga disuruh beli kompor sama wajan..

whaaat theeeeeee
AAAAAAARRRRGHHHHH!!!!!

emang sih,
kakak2 kelas udah ngewanti2..
katanya kita bakal ngerasain panasnya kena lilin,
tangannya jadi warna warni,
dan laiin2..

akhirnya,
pada tanggal
11 Oktober 2012
aku sama 3 temen di kelompok mulai ngebatik..

masalahnya adalah,
hari itu hari Kamis dan kita,
anak2 kelas 10 yg non-I ada pelajaran agama..

yang cowo2 sih pada bilang mau nonton Liga Charets (pertandingan futsal antarkelas gitu),
tapi berhubung takut selesainya kelamaan,
akhirnya aku sama temen sekelompok aku yg sama2 non-I izin ga ikut pelajaran agama hari itu..

marilah kita skip kejadian yang nggak penting..
dan inilah masalah2 yang muncul waktu kita ngebatik :

1. Minyak Tanah
gini loh, ya..
kalian tau sendiri kan kalo kompor minyak itu hanya bisa dinyalain pake minyak tanah..
udah ga ngerti lagi mau beli di mana..
mamahnya Catherine (yang rumahnya kita tumpangin) ngasih usul, kalo nggak ketemu minyak tanah,
bakalan pake kompor spirtus..
KOMPOR SPIRTUS, SAUDARA SAUDARA!
tapi,
masalah lainnya muncul..
SPIRTUSNYA NGGAK ADAA!!!
yah, well..
untung dalam perjalanan kita nemu sebuah warung yang jual minyak tanah..
dan harganya mahal banget..
lebih mahal dari bensin..
Rp 12.500,00
ga ngerti sama Indonesia sekarang mah..

2. LILINNYA GA BISA DIPOTONG
nih bentuk lilinnya gini :

tapi susah banget dipotong2 biar jadi kecil2..
arrrr.. sebel bangeeett...
pisonya tuh udah kayak mau patah gitu malah..
ya udah, akhirnya sama kita cuma diiris2 ga jelas gitu..

aneh banget lah..
tapi untungnya berhasil..

3. GA BISA NYALAIN KOMPORNYA
sumpah demi apaaaa..
kita ga ada yang ngerti gimana cara nyalain kompornyaaaa..
secara,
kompornya kompor minyak gitu loh..
dan,
untungnya mamahnya Catherine lagi2 bantuin kita..
jadi kompornya bisa nyala deh..
makasih mamaaaah :* #loh

4. LILIN YANG UDAH CAIR PANAS BANGET
ini nih..
yang udah ga bisa diapa2in..
jadi gini,
waktu nyanting tuh,
lilinnya harus nembus sampe belakang...

karena udah kesel banget ga bisa nembus2,
akhirnya tangan aku ditaroh tepat di belakang bagian2 yang mau aku canting,
biar ketauan nembus ato nggak..

kalo kerasa panas banget di tangan, berarti nembus..
alhasil tangan aku jadi kena lilin2 yang nembus..

dan panasnya,
kalian bisa bayangin panasnya lilin itu..

terus,
pas temen aku abis ngambil lilin dari wajan,
lilinnya netes,
dan kalian harus tau,
LILINNYA KENA KAKIIIII!!!!
panas..
luar biasaa..

yah well,,
udah lah.. ini tuh susaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahh banget...

o iyaa..
maap ya kalo postingan kali ini agak pendek..
aku lagi ga mood nulis,
tapi pengen..

gimana yah..
ga ngerti da aku juga..

sekarang tuh aku suka males nulis di blog.. bedaaaaaa banget sama dulu..

huft..
sorry banget yaa.. :)

xoxo

images sources : selamat hari batik, lilin, kompor, lilin cair

Komentar

Postingan Populer