Setiap orang boleh memiliki sudut pandang, kan?

Kepada yang terhormat,
di Tempat

Selama di kelas 9A ini, saya merasa kalau kami sering merasa tertekan atas tuntutan guru - guru. Saya sendiri menyadari bahwa kelas saya kurang aktif, kurang rajin, kurang bersih, dan banyak lagi kekurangannya.
Siapa bilang saya tidak bangga? Jelas saya sangat bangga..

Namun, tidak seperti pada saat saya menduduki kelas 8A, saya dituntut jauh lebih banyak di kelas ini. Pada saat di kelas 8A, memang guru sering menyinggung bahwa kami adalah kelas unggulan yang kurang dapat diunggulkan. Tapi, saya tidak merasa kalau kami dibedakan dengan kelas lain. Tugas yang diberikan tetap sama dan soal ulanganpun sama.

Saat menginjak ke kelas 9, tuntutan itu terasa semakin membebani, karena kata unggulan itu justru digunakan menjadi cambuk. Sebagaimana kita tahu bahwa cambuk akan meninggalkan luka, begitu juga kami.. Ada guru yang bilang "Kelas unggulan kok nggak aktif sih?" atau "Kelas unggulan kok kotor sih?". Dengan kata2 itu, saya mendapat kesan bahwa :
Kalau nggak ada di kelas unggulan, nggak apa2 kok kalau nggak aktif, atau kelasnya kotor..

Sekali lagi, saya ingin menekankan bahwa saya bangga menjadi salah satu dari anggota 9A. Awalnya saya mengira kelas unggulan adalah kelas yang diunggulkan dari bidang pelajaran. Tapi, ternyata kami dituntut untuk unggul di segala hal. Padahal setiap kelas pasti memiliki keunggulannya masing2.

Demikian saya memandang kelas saya sendiri dari sudut pandang saya.
Terima kasih

***

Kemarin, hari Sabtu, waktu pelajaran agama, kami disuruh nulis kayak ginian..

Terus,
ngapain aku nulis kayak beginian di sini?

Segala sesuatu mempunyai sudut pandang yang berbeda..
Dilihat dari sudut mana pun pasti terasa benar..
Hmm.. Nggak ada yang salah..
Yang salah adalah orang yang mempermasalahkannya.. *ngikutin Pandji*

Jawabannya :
Supaya nanti, waktu aku udah dewasa dan punya anak, *amin* aku bisa ngasih tau anak aku tentang masa2 SMP aku.. Seandainya pun nggak punya anak *amit2* bisa buat ngenang masa putih-biru itu..

Dan,
sejujurnya,
aku ngerasa masalah2 di sini tuh adalah hal2 yang bakal aku inget sepanjang masa..

xoxo

Komentar

Postingan Populer